Pelayanan Publik

Kapolda Jateng Minta Dirreskrimum Baru Optimalkan Sentra Gakkumdu Jelang Pilkada

Semarang (Aswajanews.id) – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ribut Hari Wibowo memimpin serah terima jabatan Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jateng pada Kamis (17/10/2024) siang di ruang kerja Kapolda. Kombes Pol Dwi Subagio resmi menjabat sebagai Dirreskrimum Polda Jateng, menggantikan Kombes Pol Johanson R Simamora.

Dalam sambutannya, Kapolda menyebut bahwa mutasi jabatan merupakan hal biasa dalam rangka penyegaran personel dan pengembangan organisasi. Ia menyampaikan rasa syukur atas kinerja Kombes Pol Johanson selama menjabat sebagai Dirreskrimum, yang berhasil menjaga situasi kamtibmas di Jawa Tengah tetap aman, nyaman, tenang, dan kondusif.
“Saya ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada pejabat yang lama atas dedikasi, kinerja, dan loyalitas yang telah diberikan dalam pengungkapan kasus-kasus kriminal di wilayah Jawa Tengah,” ujar Kapolda.
Kapolda juga menilai Kombes Pol Johanson berhasil membina fungsi reserse kriminal bagi Kasat Reskrim di jajaran Polda Jateng. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kinerja satuan reskrim dalam pengungkapan kasus di wilayah Jawa Tengah.
Kepada Kombes Pol Dwi Subagio, Kapolda mengucapkan selamat atas jabatan barunya. Penempatan Kombes Pol Dwi Subagio sebagai Dirreskrimum dinilai memiliki nilai lebih karena sosoknya sudah sangat dikenal oleh jajaran reserse kriminal dalam jabatan sebelumnya sebagai Dirreskrimsus.
“Sebagai pejabat baru Dirreskrimum, saya harap Kombes Pol Dwi Subagio dapat meningkatkan profesionalitas penyidik dalam penegakan hukum yang tegas dan responsif. Dengan demikian, pengungkapan kasus kejahatan konvensional di wilayah Jawa Tengah dapat lebih optimal,” tutur Kapolda.
Menjelang Pilkada yang semakin dekat, Kapolda berharap Dirreskrimum dapat segera mengoptimalkan Sentra Gakkumdu untuk menghadapi berbagai potensi gangguan dan laporan yang mungkin muncul selama Pilkada.
“Segera komunikasikan dan koordinasi dengan Gakkumdu guna menghadapi berbagai kemungkinan tersebut. Semoga tidak ada peningkatan eskalasi yang cukup berarti, namun sudah menjadi kewajiban kita untuk mengantisipasi dan menyiapkan,” tandasnya.
Sertijab ini dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng. Dengan kepemimpinan baru di Dirreskrimum, diharapkan Polda Jateng semakin siap dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Jawa Tengah, terutama menjelang Pilkada. (*)