Aktual

BRI Kantor Cabang Fatmawati Jakarta Imbau Nasabah Lebih Berhati-hati Terhadap Pelaku Penipuan dan Edukasi Nasabah Terkait Digital CS

JAKARTA (Aswajanews.id) – Kini tengah marak aksi tindak kejahatan berupa informasi palsu di jejaring sosial yang mengatasnamakan pihak bank. Belum lama ini ramai di berbagai aplikasi pesan singkat yakni gambar tangkapan layar yang berisi surat dan tautan tentang perubahan biaya administrasi bank, salah satunya ATM BRI Rp150.000 per bulan dengan unlimited transaksi.

Pemimpin BRI Kantor Cabang Fatmawati Jakarta, Faizal Rizqi mengatakan, hal tersebut dipastikan tidak benar. Pihaknya mengatakan atas maraknya upaya penipuan tersebut BRI tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat, khususnya para nasabah BRI untuk berhati-hati dan waspada terhadap berbagai tindak penipuan kejahatan perbankan termasuk yang mengatasnamakan BRI.

Nasabah BRI dihimbau untuk berhati-hati dan waspada terhadap berbagai tindak penipuan kejahatan perbankan termasuk yang mengatasnamakan BRI

Dengan adanya hal tersebut mendorong BRI untuk terus mengajak nasabahnya dan semua pihak mengedepankan kewaspadaan menerima pesan dalam bentuk apapun. Sehingga tidak mudah percaya pada isi pesan tersebut bahkan yang berunsur ajakan.

“BRI senantiasa mengimbau nasabah agar lebih berhati-hati serta tidak menginformasikan kerahasiaan data pribadi dan data perbankan kepada orang lain atau pihak yang mengatasnamakan BRI, termasuk memberikan informasi data pribadi maupun data perbankan (nomor rekening, nomor kartu, PIN, user, password, dan kode OTP) melalui saluran, tautan atau website dengan sumber tidak resmi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Faizal Rizqi, Kamis (20/6/2024).

Pihak BRI juga telah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk segera menindak dan menangkap pelaku kejahatan perbankan tersebut, dengan melacak IP address para pelaku.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, khususnya aparat penegak hukum untuk terus memantau, menyelidiki, dan menangkap pelaku kejahatan perbankan yang telah meresahkan masyarakat dan pihak perbankan,” imbuhnya.

Untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah, BRI pun menghadirkan Digital CS yakni mesin one stop service yang berfungsi untuk melayani transaksi nasabah secara self service.

Adapun Digital CS ini fiturnya terdiri dari Pembukaan Rekening. Produk rekening pada Digital CS itu sendiri adalah Britama, Britama Bisnis, Britama Muda, Simpedes, dan Simpedes Usaha.

Cara pembukaan Rekening (Tabungan BRI) di Digital CS yaitu Pada layar utama mesin Digital CS kamu klik “Mulai”, Pilih menu “Pembukaan Rekening Baru”, Pilih “Pembukaan Rekening Baru”, Baca Syarat dan Ketentuan, lalu pilih setuju, Pilih jenis Produk Pembukaan Rekening yang kamu mau, Pilih kartu, Tempelkan E-KTP, Scan finger print untuk validasi E-KTP, Ambil foto selfie dengan E-KTP, klik “Ambil Foto”, Tulis tanda tangan digital kamu, Lengkapi data kamu sesuai tampilan tertera, Buat PIN yang mudah diingat, Klik setuju pada form pembukaan rekening, Transaksi berhasil, ambil kartu, dan Kamu akan mendapatkan konfirmasi lewat struk dan email.

Selain itu, BRI memberikan layanan Penggantian Kartu dengan berbagai alasan seperti Ganti Kartu Berchip, Ganti Kartu Biasa, Ganti Kartu Akan Expired, Ganti Kartu Expired, Ganti Kartu Hilang, Ganti Kartu Rusak, dan Ganti Kartu Terblokir.

Adapun jenis kartu yang bisa dilayani di antaranya Britama Bisnis, Britama Black, Britama Silver, Debit Series Basket, Debit Series Gentleman, Debit Series Ladies, GPN Britama X, GPN Gold, GPN Junio Beruang, GPN Junio Camera, GPN Premium, GPN Simpedes, HUT BRI Hitam, dan HUT BRI Putih. Reissue PIN, Enable Kartu, Passbook Printing (Card & Cardless), Cetak Rekening Koran (Card & Cardless), Kirim Rekening Koran Via Email (Card & Cardless), Cetak 5 transaksi Terakhir (Card & Cardless), dan Penerbitan Kartu Debit.

Jika kartu ATM hilang atau rusak, nasabah harus menggantinya langsung di kantor bank. Meski demikian, menunggu antrean di customer service (CS) bank kerap menyita waktu. Hal ini cukup menjadi ganjalan bagi nasabah yang memiliki aktivitas padat.

BRI turut mencermati permasalahan ini dan menghadirkan Digital CS sebagai solusi untuk meningkatkan kenyamanan nasabah dalam mengakses layanan pelanggan.

“Kehadiran Digital CS ini menjadi bagian dari transformasi perbankan digital yang dilakukan BRI guna memberikan layanan terbaik bagi nasabah. Kini bisa melakukannya sendiri melalui mesin Digital CS di kantor cabang BRI terdekat. Nasabah pun dapat lebih mudah dan cepat menyelesaikan transaksi yang dibutuhkan,” pungkas Faizal Rizqi. (*)