Beranda Aktual RSUP Dokter Kariadi Semarang Kebakaran, Petugas Berhasil Selamatkan Pasien

RSUP Dokter Kariadi Semarang Kebakaran, Petugas Berhasil Selamatkan Pasien

Semarang (Aswajanews.id) – Kebakaran hebat melanda Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Kariadi Kota Semarang, Kamis (30/12). Belum diketahui dengan pasti penyebab kebakaran tersebut. Api muncul dari ruang Magnetic Resonance Imaging (MRI) yang berdekatan dengan bangsal pasien Gedung Kasuari.

Api terlihat berkobar mulai pukul 18.45 WIB yang secara cepat menjalar ke ruang atas. Kepulan asap pun menyebar dan masuk dengan cepat ke bangsal pasien sehingga membuat petugas medis panik berhamburan menyelamatkan pasien.

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar yang berada di lokasi langsung mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan upaya penyelamatan pasien serta meminta Dinas Kebakaran untuk segera meluncur. Belasan mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan api.

“Terlihat dari kantor kami, asap mengepul dan kami langsung kerahkan personil untuk penanganan. Pasien dulu yang utama”, kata Irwan.

Atas kesigapan petugas, sebanyak 31 pasien dan pegawai RS berhasil diselamatkan dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut. Menurut Kombes Irwan, pasien dievakuasi meskipun Gedung Kasuari tidak terdampak langsung kebakaran. “Pasien sementara dievakuasi ke Gedung Garuda,” katanya.

Humas RSUP Dokter Kariadi, Aditya Kandu Warendra kepada wartawan mengatakan, kebakaran terjadi di Instalasi Onkologi Gedung Kasuari. Menurutnya, Instalasi onkologi merupakan ruangan untuk pasien yang berhubungan dengan penyakit dalam seperti kanker dan tumor.

Lebih lanjut dikatakan Aditya, ruang onkologi merupakan ruangan yang digunakan untuk mendeteksi dan menangani penyakit kanker. Pasien yang memiliki penjadwalan kemoterapi akan menjalani di Gedung Kasuari. Meski tidak bisa memastikan jumlah pasien yang selamat karena masih harus berkoordinasi dengan pihak terkait, namun ia memastikan seluruh pasien berhasil selamat dan dievakuasi ke Gedung Garuda, demikian pula dengan petugas kesehatan. *(Khafidz)