Beranda Nusantara PRNU Kedawon Rutin Adakan Da’wah Jam’iyyah ‘Ukhuwah Wal Istighfar’

PRNU Kedawon Rutin Adakan Da’wah Jam’iyyah ‘Ukhuwah Wal Istighfar’

BREBES (Aswajanews.id) – Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Ranting (PRNU) Kedawon – Brebes menggelar Pengajian Rutin Malam Ahad Pon Jam’iyyah ‘Ukhuwah Wal Istighfar’ diadakan di Mushola Baitul Muttaqin, Kedawon Tengah, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Sabtu (21/1/2023).

Kegiatan pengajian ini diawali dengan Pembacaan Tahlil dan Istighotsah Mussabiat  Almarhum Al Maghfurllah KH. Dimyati Rois Kaliwungu yang di imami oleh KH. Nur Muhammad Hasanudin.

Kegiatan tersebut dimotori oleh Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama PR NU Kedawon dan bekerjasama dengan Badan Otomon dibawah Naungan NU Kedawon ; PR Muslimat, PR GP Ansor Banser, PR Fatayat, PR IPNU-IPPNU, Jamiyyah Qurro Wal Huffadz Ranting Kedawon.

Wakil Ketua Tanfidziyah PR NU Kedawon, Ust Imam Khafas mengatakan Program Rutin Jam’iyyah Rutin ‘Ukhuwah Wal Istighfar’ mari kita harus dukung program-program lainnya dan semoga kedepan akan tambah maju lagi.

“Kegiatan ini telah berlangsung dibeberapa mushola-mushola yang ada berada di Dusun Kedawon dari ujung utara hingga selatan,” tambah Ust. Imam Khafas.

Ust. Imam Efendi, S.Pd.I bertindak  sebagai penyampai mauidhoh Hasanah menyampaikan kepada Jamaah bahwa warga Nahdlatul Ulama jangan sampai mudah dibentur-benturkan seperti permainan Lato-lato yang pada saat ini terkenal.

Dalam jam’iyyah ukhuwah Wal Istighfar beliau memaparkan hikmah dari seseorang mempunyai ilmu dan berilmu, maka tidak akan mudah dibentur-benturkan oleh syetan maupun Iblis.

Beliau juga menjelaskan mengenai kata ‘berkah’ dalam keterangan kitab Bidayatul Hidayah disebutkan berasal dari bahasa arab ‘albarakah’ (البركة)  artinya -barakah memiliki arti pertumbuhan, pertambahan, kebaikan. Sementara, dalam kamus Al-Munawwir, kata ini dengan demikian, apabila sesuatu dikatakan berkah, artinya sesuatu itu memiliki banyak kebaikan dan kenikmatan yang bersifat tetap, karena dijadikan demikian oleh Allah SWT.

Dalam akhir ceramahnya, Ust. Imam Efendi menyampaikan amaliyah-amaliyah yang harus dilakukan oleh warga NU yakni menjaga sholat 5 waktu dalam sehari, memperbanyak berbuat sedekah maka akan dapat menghiasi alam kubur kita kelak, serta perbanyak Qiroatil Qur’an.

Sebagai Informasi, Kegiatan Da’wah Rutin turut dihadiri pula tokoh ulama Kedawon, KH. Nur Muhammad Hasanudin, KH. Ahmad Tarmidzi, KH. Adnan Syatori, Kyai Abdul Muhit (Rois Syuriah PRNU Kedawon), Ust. Sya’roni Ika (Rois Tanfidziyah PRNU Kedawon).

*(Pewarta: A’isy Hanif Firdaus, LTN NU PCNU Brebes)