Beranda Wisata Pemalang Punya Makanan Khas, Enak dan Bikin Ketagihan

Pemalang Punya Makanan Khas, Enak dan Bikin Ketagihan

Setiap daerah di Indonesia tentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari seni, budaya, tradisi, wisata hingga kulinernya. Salah satu daerah yang cukup terkenal dengan wisata dan kulinernya yaitu Pemalang.

Pemalang merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah. Luas Kabupaten Pemalang yaitu 111.530 km², dengan batas wilayah sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga, dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Tegal.

Pemalang memiliki banyak makanan khas yang begitu menarik perhatian para pecinta kuliner. Beberapa makanan khas Pemalang, di antaranya, nasi grombyang, sate loso, lontong dekem, kraca, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang makanan khas Pemalang, redaksi telah merangkumnya dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

Nasi Grombyang

Makanan khas Pemalang yang pertama yaitu nasi grombyang. Nasi Grombyang merupakan sejenis nasi campur khas Pemalang, Jawa Tengah. Nama makanan tersebut berasal dari penyajiannya, yaitu antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya, sehingga tampak bergoyang-goyang.

Dalam seporsi nasi grombyang, biasanya berisi potongan daging sapi beserta kuah dan sate kerbau. Keduanya pun disajikan secara terpisah.

Salah satu nasi grombyang yang sangat terkenal yaitu nasi grombyang Pak Waridin Sirandu di Jl Gatot Subroto, No. 31, Kebondalem, Bojongbata, Pemalang.

Sate Loso

Makanan khas Pemalang yang kedua yaitu sate loso. Sate loso biasanya memanfaatkan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Akan tetapi, dalam perkembangannya, sekarang sudah banyak pula sate loso yang memanfaatkan daging sapi.

Daging tersebut dibacem terlebih dahulu sebelum dibakar. Untuk bumbunya, ada dua macam, yaitu bumbu kacang dan bumbu sate. Sate ini biasanya disajikan bersama dengan sup yang berisikan tulang muda, urat, serta tauge.

Menurut cerita, nama sate loso ini berasal dari pembuatnya yaitu Mbah Loso. Sate loso yang cukup terkenal di Pemalang berada di Jl. Urip Sumoharjo N0.327, Pelutan, Pemalang.

Lontong Dekem

Lontong dekem merupakan makanan khas Pemalang berisi lontong yang dipadukan dengan sate khas dekem. Untuk sate pelengkapnya, terdapat dua varian yang bisa dipilih.

Ada sate dengan potongan yang dipipihkan sebelumnya lalu ditusuk dengan menggunakan lidi dan kemudian disiram dengan kuah. Dan ada pula sate goreng yang memiliki isi jeroan ayam maupun kulit yang dibumbui dengan serundeng kelapa.

Salah satu lontong dekem yang cukup terkenal yaitu di kedai Lontong Dekem Pak Dradjat yang lokasinya ada di Jl. Mochtar, Kebondalem, Pemalang.

Pecak Belut

Makanan khas Pemalang berikutnya yaitu pecak belut. Pecak belut ialah belut goreng yang diberi sambal. Anda dapat memilih pecak belut santan atau pecak belut sambal kering.

Dalam penyajiannya, pecak belut disajikan dengan bawang goreng utuh dan nasi hangat. Rasanya yang pedas nikmat dan menggugah selera membuat pecak belut disukai oleh para pecinta kuliner.

Kepiting Lemburi

Kepiting Lemburi merupakan kuliner khas Pemalang yang biasanya dimasak sedemikian rupa sampai cangkangnya lunak. Saking lunaknya, cangkang kepiting lemburi bahkan dapat digigit dengan mulut.

Kepiting lemburi biasanya dimasak dengan saus asam manis dan saus tiram. Jika Anda ingin mencoba kuliner satu ini, Anda dapat menemukannya di Jalur Pantura, Pemalang, Jawa Tengah.

Kraca

Makanan khas Pemalang selanjutnya yaitu kraca. Kraca merupakan makanan berbahan dasar keong, yang dimasak dengan bumbu khas seperti ketumbar, bawang putih, kemiri, dan rempah lainnya.

Rasanya yang unik dan khas membuat kraca menjadi salah satu kuliner yang cukup diminati. Jika Anda ingin mencoba kuliner ini, Anda dapat mencoba datang ke warung Mas Kiwil di desa Bodeh, Pemalang.

Apem Comal

Apem Comal merupakan makanan khas Pemalang yang terbuat dari campuran tepung terigu serta gula jawa. Apem comal memiliki cita rasa yang gurih dan manis. Harga apem comal pun cukup terjangkau, yaitu Rp1000 sampai Rp2000 per bijinya.

Cara membuat Apem Comal terbilang masih sangat tradisional, yaitu dengan menggunakan bakaran anglo. Selain itu, dalam pengemasannya juga masih menggunakan daun pisang.

Ogel-Ogel

Makanan khas Pemalang berikutnya yaitu ogel-ogel. Ogel-Ogel menjadi salah satu makanan khas Pemalang populer dan kerap dijadikan sebagai oleh-oleh. Rasanya yang gurih dan nikmat membuatnya diburu oleh banyak orang.

Ogel-ogel dibuat dari tepung ketan yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti garam, gula, dan keju. Ogel-Ogel cukup mudah ditemukan di toko oleh-oleh daerah Pemalang, Jawa Tengah. *(Berbagai Sumber)