Beranda Nasional Pelayanan Publik Banjir dan Longsor Terjang 3 Desa di Kecamatan Cisewu Garut

Banjir dan Longsor Terjang 3 Desa di Kecamatan Cisewu Garut

Garut (Aswajanews.id) – 3 Desa di Kecamatan Cisewu yaitu Desa Nyalindung, Desa Panggalih, dan Desa Cikarang, diterjang banjir dan tanah longsor, Sabtu (25/12/202), akibat hujan deras yang terus terjadi di daerah tersebut.

Berdasarkan laporan Camat  Cisewu, Heri, akibat dari bencana ini arus lintas di jalan provinsi sepanjang 200 meter sementara terputus, 6 rumah warga mengalami kerusakan, dan 1 unit jembatan gantung di Sungai Cilaki  menghubungkan Kampung Pamalayan Desa Cikarang dengan Kampung Ciseureuh Desa Neglasari, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut.

Berkaitan dengan bencana ini, langkah cepat dilakukan oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisewu beserta warganya dengan melakukan pembersihan material longsor secara manual sebelum alat berat tiba di lokasi, melakukan evakuasi warga dan barang peralatan rumah ke rumah tetangga dan ke keluarga terdekat, serta terakhir berkaitan dengan jembatan yang rusak pihak kecamatan membuat tanda atau rambu untuk kesemalatan masyarakat.

Tidak ada korban jiwa akibat dari bencana yang terjadi di Kecamatan Cisewu ini. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada, terlebih saat ini curah hujan di Kabupaten Garut cukup tinggi. (Kontributor : Gunawan)